Diberdayakan oleh Blogger.

THANK YOU

Sabtu, 28 Agustus 2010

Pengantar TI


Setelah mengikuti mata kuliah Pengantar TI pada tanggal 23 agustus kemarin maka dapat ditarik beberapa kesimpulan.

Yang pertama yaitu mengenai pengertian dari data dan informasi. Data memilki beberapa makna, ada yang berpendapat bahwa data itu adalah kumpulan dari beberapa material mentah yang belum diproses dan ada juga yang berpendapat bahwa data itu adalah kumpulan fakta yang bernilai benar. Data memiliki beberapa jenis. Data dapat berupa teks, gambar, audio atau suara bahkan berbentuk video. Sedangkan pengertian dari informasi adalah data yang sudah diproses. Agar sebuah data dapat menjadi sebuah informasi maka data harus diproses terlebih dahulu.

Informasi memiliki beberapa sifat, diantaranya:

· Perfect (sempurna, pasti) => maksudnya adalah informasi yang didapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

· Imperfect (tidak sempurna, mengandung unsur ketidakpastian) => maksudnya adalah informasi yang didapat belum tentu benar seperti gosip.


Informasi memilki beberapa sumber informasi, yaitu:

· Pengataman lapangan (observasi)

· Kuesioner yaitu dapat berupa angket

·Kejadian/event (pencatatan/perekaman), hal ini biasanya dilakukan oleh wartawan seperti melakukan wawancara/interview

· Pemodelan (simulasi, forecasting)

· Media massa (koran atau majalah)

· Alat telekomunikasi (hp)

· Alat elektronis (TV atau radio)


Informasi dapat dikategorikan menjadi informasi yang baik apabila memiliki ciri sebagai berikut: tepat waktu, maksudnya adalah informasi yang disampaikan tepat pada saat kejadian sedang berlangsung, akurat, maksudnya adalah kejadian itu benar-benar terjadi, mudah diakses, maksudnya informasi tersebut dapat diakses oleh siapapun, menghilangkan keraguan, berhubungan, berdasarkan fakta.


Tiap tahun informasi mengalami evolusi. Berikut adalah evolusi abad informasi:

· Abad Pertanian (Tahun <1800)

Pada abad pertanian tekhnologi masih belum mengalami perkembangan sehingga untuk bertani, masyarakat masih menggunakan tenaga manusia dan tangan

· Abad Industri (1800 – 1957)

Pada abad ini tekhnologi mulai mengalami perkembangan. Masyarakat mulai bekerja di pabrik dan menggunakan tenaga manusia dan mesin

· Abad Informasi (1957 – sekarang)

Pada abad ini tekhnologi semakin mengalami perkembangan. Pada abad ini para pekerja sudah terdidik dan menggunakan tenaga dan teknologi informasi


Selanjutnya mengenai masyarakat informasi dan tekhnologi informasi. Masyarakat informasi adalah suatu masyarakat di mana lebih banyak orang bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri. Mengapa demikian? Karena dengan begitu masyarakat dapat menyampaikan informasi tanpa harus bertatap muka. Sedangkan tekhnologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar. Berikut adalah beberapa contoh IT :


SpreadSheet



Laptop

Teknologi informasi (IT) memiliki tujuan dan fungsi. Tujuan dari tekhnologi informasi yaitu untuk memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi. Sedangkan fungsi dari IT yaitu Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mengambil Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission).


Mengapa diperlukan tekhnologi informasi (IT)?

Tekhnologi informasi diperlukan karena:

· Kompleksitas tugas manajemen

· Pengaruh globalisasi

· Perlunya response time cepat

· Tekanan persaingan bisnis

· Peningkatan layanan


Teknologi informasi (IT) memiliki beberapa komponen utama, yaitu:

· Hardware (HW), merupakan perangkat keras komputer seperti CPU, mouse, keyboard,dll.


· Software (SW), merupakan perangkat lunak komputer atau objek yang membentuk “konfigurasi” di mana di dalamnya termasuk : program, dokumen, atau data.


· Brainware (BW), merupakan pengguna komputer.


Selanjutnya mengenai penerapan tekhnologi informasi (IT). Penerapan teknologi informasi antara lain dapat diterapkan dalam bidang:

· Industri digunakan untuk pemasaran produk-produk di industri tersebut

· Perbankan seperti penggunaan ATM

· Pendidikan seperti pembelajaran menggunakan komputer, laptop, maupun LCD

· Kesehatan seperti penggunaan USG

· Pemerintahan digunakan untuk sensus penduduk

· Hiburan seperti penggunaan televisi, dll

1 komentar:

MWcrew mengatakan...

BLog walking...Di tunggu link backnya...n follow me